Saturday, November 26, 2011

AMDAL




Sudah pada tahu AMDAL?Kalo njenengan termasuk yang bergelut dalam urusan lingkung – melingkung pasti hapal banget dengan istilah satu ini.Selain sudah banyak buku/panduan yang mengupas tentang AMDAL. Banyak kegiatan atau proyek yang mensyaratkan adanya AMDAL terlebih dahulu baru bisa jalan. Oke, untuk sekedar merefresh, mari kita ungkit lagi.CEKIK DOT.
AMDAL adalah singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.Dalam PeraturanPemerintah No. 27 tahun 1999 tentang Analisis MengenaiDampak Lingkungan disebutkan bahwa AMDAL merupakan kajian mengenaidampak besar dan penting untuk pengambilan keputusan suatu usahadan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yangdiperlukanbagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usahadan/atau kegiatan.
AMDAL sendiri merupakan suatu kajian mengenai dampak positif dan negatifdari suatu rencana kegiatan/proyek, yang dipakai pemerintah dalammemutuskan apakah suatukegiatan/proyek layak atau tidak layaklingkungan. Kajian dampak positif dan negatif tersebut biasanya disusundengan mempertimbangkan aspek fisik, kimia, biologi, sosial-ekonomi, sosialbudayadan kesehatan masyarakat.Suatu rencana kegiatan dapat dinyatakan tidak layak lingkungan, jikaberdasarkan hasil kajian AMDAL, dampak negatif yang timbulkannya tidakdapat ditanggulangi oleh teknologi yang tersedia. Demikian juga, jika biayayang diperlukan untuk menanggulangi dampak negatif lebih besar daripadamanfaat dari dampak positif yang akan ditimbulkan, maka rencana kegiatantersebut dinyatakan tidak layak lingkungan. Suatu rencana kegiatan yangdiputuskan tidak layak lingkungan tidak dapat dilanjutkan pembangunannya.
Selain istilah AMDAL, terdapat pula ANDAL.ANDAL adalah dokumen yang berisi telaahan secara cermatterhadap dampak penting dari suatu rencana kegiatan. Dampak - dampakpenting yang telah diindetifikasi di dalam dokumen KAANDALkemudian ditelaah secara lebih cermat denganmenggunakan metodologi yang telah disepakati. Telaah ini bertujuanuntuk menentukan besaran dampak. Setelah besaran dampakdiketahui, selanjutnya dilakukan penentuan sifat penting dampakdengan cara membandingkan besaran dampak terhadap kriteriadampak penting yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Tahap kajianselanjutnya adalah evaluasi terhadap keterkaitan antara dampakyang satu dengan yang lainnya. Evaluasi dampak ini bertujuan untukmenentukan dasar-dasar pengelolaan dampak yang akan dilakukanuntuk meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampakpositif.
Prosedur AMDAL terdiri dari:
·         Proses penapisan (screening) wajib AMDAL
·         Proses pengumuman
·         Proses pelingkupan (scoping)
·         Penyusunan dan penilaian KA-ANDAL
·         Penyusunan dan penilaian ANDAL, RKL, dan RPL
·         Persetujuan Kelayakan Lingkungan

 



SUMBER PUSTAKA
Kartakusuma, D.A.2004.Tanya Jawab AMDAL :Menjawab Berbagai Pertanyaan Umum tentang AMDAL.Kementrian Lingkungan Hidup RI.Jakarta.

#hasil dari belajar di kantor, iseng hehehe#
 

No comments:

Post a Comment

Leave Nothing But Comment